Sunday 5 October 2014

Bukit Gondol dan Gunung Beratan





Well, waktu day off ada baiknya diisi dengan ekspedisi ke berbagai tempat yang belum/jarang terekspose di kalangan pecinta travelling, salah satunya adalah Bukit Gondol dan Gunung Beratan yang terletak di daerah Buleleng Barat. Kedua area ini merupakan perpaduan sempurna dari implementasi konsep Nyegara-Gunung dalam keyakinan masyarakat Pulau Dewata.

Yuk, check it out! :)





First, Bukit Gondol dulu ya...

Bukit ini terletak persis di belakang Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP) RI, menjorok anggun ke arah Laut Bali, sekitar 48,5 km arah barat Kota Singaraja. Memang, boleh dikatakan tidak ada aktivitas wisata di tempat ini, namun buat yang mau mencari ketenangan, atau sekedar jalan-jalan sambil refreshing, recommended banget deh.. ! 

Akses menuju bukit bisa dari gang selebar kendaraan roda empat di sisi timur DKP, atau sisi barat DKP. Masuk gang di sisi timur, kita menempuh jarak sekitar 15m dari jalan raya, setelah itu perjalanan mesti dengan jalan kaki melalui pinggiran pantai berpasir putih. O ya, kalau membawa kendaraan roda empat, mesti numpang2 parkir dulu deh... soalnya cuma ada tempat parkir perahu nelayan setempat :D  Jika dari gang sebelah barat, kondisinya hampir sama, cuma jalannya agak berpasir dan terhubung langsung dengan pintu masuk menuju pura di atas bukit.

Kalau ke sini baiknya pagi atau sore hari, lebih baik lagi saat musim hujan, agar hijaunya bukit bisa diabadikan.. :)
jepreettt...!!
:D



bukit gondol dari sisi timur
pantainya pasir putih lho! :)

ini dia... bukit gondol dilihat dari sisi utara

kaki bukit paling utara, ada karangnya juga lho! :)

ombak yang relatif tenang, tapi bisa menghanyutkan! :D

panorama pantai sebelah barat
panorama pantai barat
                                   
Gunung Beratan.

Gunung Beratan? bukannya terletak di daerah Bedugul?
Yups.. nama boleh sama, tapi tempat ngga selalu begitu kaan? :)

Pura Pucak Gunung Beratan, begitu nama yang tertera pada papan yang sedikit kurang terawat di pinggir sebelah utara Jalan Raya Seririt-Gilimanuk, sekitar 10 km arah barat Bukit Gondol. Masuk ke arah utara kira-kira sepanjang 2 km, dengan kondisi jalan yang sedikit berlubang hingga mencapai titik tengah diantara dua bikit yang letaknya berjejer menjorok ke tengah laut. Diantara dua bukit ini ada satu "telaga" yang bisa dibilang unik,  karena airnya yang berwarna hijau dengan pohon bakau di sekelilingnya.


Well, untuk menuju bukit sebelah utara, ada satu jalur dengan puluhan anak tangga yang mesti dilalui, dengan sudut kemiringan yang relatif landai...

menuju puncak utara

puncak selatan terlihat dari utara
                                   
kaki bukit paling utara

diantara bebatuan

                               
dengan latar belakang bukit gondol di kejauhan

panorama laut bali

                                                   
Next, untuk menuju puncak bukit sebelah selatan terdapat dua jalur yakni dari arah selatan dan dari arah utara (lebih bagus dari utara, karena bisa melihat view pantai secara langsung) dengan kemiringan tanjakan sekitar 40-45 derajat.


puncak utara dilihat dari selatan

menuju puncak selatan

menoleh lah ke timur.. dan lihat ini.. :)

teluk sendang dilihat dari puncak selatan
                                       
Di masing-masing puncak bukit juga ada Pura yang sepertinya diempon oleh masyarakat tertentu.(maaf, tidak sempat terfoto :) )

Setelah naik-turun yang cukup menguras tenaga, menikmati pesisir pantai yang teduh dan jauh dari kebisingan tentu tak boleh dilewatkan begitu saja....




                                 















Nah, itu lah sekelumit perjalananku menuju arah sunset beberapa waktu yang lalu. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua untuk lebih mengenal alam dan menumbuhkan kecintaan kita untuk menjaganya.

:)





No comments:

Post a Comment